Indonesia Film and

Content Academy

(IFCA)

IFCA merupakan unit usaha dari Produksi Film Negara sebagai center of excellence dengan tiga pilar yaitu learning, research, dan innovation di industri perfilman & konten. Learning: sebagai aggregator sertifikasi & inkubasi. Research: pengembangan Big Data & Tempat Uji Kompetensi. Innovation : inisiasi teknologi untuk mendukung ekosistem perfilman & konten. Dengan 3 pilar tersebut, IFCA dapat membantu untuk mewujudkan visi dan misi perusahaan serta memberikan dampak positif bagi seluruh insan perfilman di Indonesia

Pengadaan Jasa Digital Media, Content Module, & Certification Development

Pengadaan Jasa Digital Media, Content Module, dan Certification Development ini meliputi beberapa Materi/ Modul sebagai berikut :

1.Modul Digital Business, Partner : PT. Lapi ITB

2.Modul Digital Content, Partner : PT. Pijar Ilmu Nusantara (Elmoo Academy)

3.Modul Digital Media, Partner : Universitas Multimedia Nusantara (UMN)

4.Modul Pathway Music, Partner : Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta

5.Materi 6 Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) dan 8 Okupasi, Partner : Institut Kesenian Jakarta (IKJ) dan Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta

Sinergi Pemanfataan Potensi Bersama untuk Membuat Film Guna Memperkuat Industri Perkebunan

IFCA-PFN sepakat untuk membangun Kerjasama dengan Pusat Penelitian Karet (PPK) untuk memanfaatkan Sinergi Potensi Bersama yang nantinya kolaborasi ini akan berkelanjutan untuk membuat konten film guna memperkuat industry perkebunan khususnya Karet dan Kelapa sawit. Para pihak sepakat untuk membangun kerja sama dengan ruang lingkup sebagai berikut :

  1. Melakukan kerja sama inovasi untuk mentranslasi hasil penelitian ataupun ide di bidang industri karet menjadi produk atau solusi kepada pelanggan.
  2.  Melakukan kerja sama mengenai pembuatan film fiksi maupun dokumenter guna memperkuat industri perkebunan khususnya karet.
  3. Melakukan kerja sama lain yang dimungkinkan sepanjang sesuai dengan tujuan Para Pihak dan bersifat saling menguntungkan serta tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Menyelenggarakan Webinar ITMLI

Sebagai bagian dari Telecom and Media Cluster, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk berafiliasi dengan Perusahaan Produksi Film Negara (PFN) melalui ITDRI. Sebagai langkah nyata kolaborasi antara ITDRI dan PFN, terus memberikan dampak yang lebih besar, menambah wawasan dan perspektif baru bagi industri digital dan kreatif. Hal ini selanjutnya dapat berkontribusi untuk memajukan industri kreatif tanah air melalui film dan konten. Maka ITMLI Bersama PFN kembali menghadirkan Webinar Series 2022, dengan tema  “Mega Collaboration to Level Up Digital and Creative Ecosystem” (Episode 1) dan “Extended Reality (XR) and How Is it Changing the Indonesia Film Industry in the Future?” (Episode 2).

Menyelenggarakan Webinar IFCA

IFCA telah melaksanakan Webinar internal untuk seluruh karyawan PFN dengan tema “Project Management Awareness”. Webinar ini disampaikan langsung oleh Head of IFCA, Suranta Brahmana dan diikuti oleh seluruh karyawan PFN.

Adapun tujuan dari program Webinar ini adalah :

1.Menggali ilmu–ilmu dalam Project Management khususnya dalam situasi bisnis yang semakin kompetitif.

2.Media sharing knowoledge para karyawan PFN sehingga dapat meng-update program–program Project Management yang lebih baik.

3.Menambah soft-skill untuk memanage sebuah Project dengan baik, mulai dari system administrasi, pengelolaan project, dll.

Sinergi Pemanfaatan Potensi Bersama untuk Membangun Film Platform

Kerjasama dengan PT. Intelix Global Crossing untuk memanfaatkan Sinergi Potensi Bersama yang nantinya kolaborasi ini akan berkelanjutan untuk membangun sebuah Film Platform. Para pihak sepakat untuk membangun kerja sama dengan ruang lingkup sebagai berikut :

  1. Melakukan kolaborasi dan sinergi secara luas melalui jejaring dan ekosistem;
  2. Mengoptimalisasi distribusi film dan konten kepada masyarakat;
  3. Memajukan industri perfilman dan konten di Indonesia;
  4. Melakukan kolaborasi dalam pembuatan atau produksi film dan konten;
  5. Melakukan kolaborasi dalam bidang Learning, Research, Innovation;
  6. Melakukan kerja sama lain sepanjang sesuai dengan tujuan Para Pihak dan tidak bertentangan dengan ketentuan perundang –undangaan

Joining Program ITDRI-PFN-PT. INTI, Penyelenggaraan Virtual HUT RI Dengan Platform Smarteye

Dalam merayakan HUT RI yang ke 77 dengan tema besar “Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat”, IFCA-PFN berinovasi untuk melakukan Joining Program dengan ITDRI dan PT. Inti. Pada progam tersebut kita bisa menyaksikan Upacara Penaikan dan Penurunan Bendera HUT RI ke 77. Selain itu, terdapat juga Bioskop PFN dengan Platform Smarteye yang di dalamnya sudah tayang 5 film milik PFN. Melalui platform streaming, kita bisa mengakses film-film yang sudah tayang di layar lebar maupun film-film series yang secara grafis ternyata sudah sangat memanjakan mata para penontonnya seperti layaknya kita menyaksikan film di layar lebar.

Link Bisokop PFN : https://pestarakyat.svcc.io/bioskop-pfn

Partnership PFN - ICC (PodCast, Video Learning, E-Book)

IFCA-PFN melakukan kolaborasi dengan  ICC (iCouch Channel) dalam inisiasi pembuatan PodCast, Video Learning, dan E-Book. IFCA sudah melakukan pertemuan dengan perwakilan dari ICC untuk membahas perihal prosedur dan tahapan pembuatan konten film, mulai dari sinopsi, analysis dan lain-lain yang akan dikembangkan di kemudian hari. Dengan pertemuan tersebut, diharapkan PFN dan iCouch Channel dapat segera mewujudkan kerja sama untuk pembuatan konten PodCast, Video Learning, E-Book, maupun Film.

Kerjasama dengan Kampus Terbaik :

Kerjasama dengan Asosiasi :

Kerjasama dengan Distribution Channel :