ASEAN-INDO-PACIFIC FORUM (AIPF)

Pada tanggal 5-6 September 2023, Indonesia dengan bangga menjadi tuan rumah ASEAN-INDO-PACIFIC FORUM (AIPF) yang bertujuan untuk membangun kerja sama yang lebih kuat dan inklusif antara Negara Anggota ASEAN dan mitra di kawasan Indo-Pasifik. AIPF bertujuan untuk menjadikan ASEAN sebagai pusat pertumbuhan di kawasan tersebut.

AIPF 2023 mengutamakan tiga isu penting yang menjadi perhatian bersama:

1. Green Infrastructure and Resilient Supply Chain: Kesiapan infrastruktur hijau dan rantai pasok yang tangguh.
2. Inclusive Digital Transformation and Creative Economy: Transformasi digital yang inklusif dan ekonomi kreatif.
3. Sustainable and Innovative Financing: Pembiayaan berkelanjutan dan inovatif.

Acara selama dua hari ini menampilkan pidato pemimpin, diskusi panel, presentasi proyek, dan pertemuan bisnis.

Pada tanggal 5 September 2023, Presiden Joko Widodo memberikan keynote speech dalam AIPF 2023. Beliau menyampaikan, “ASEAN Indo-Pacific Forum hadir untuk mengubah rivalitas di Indo-Pacific menjadi kerja sama yang bermanfaat.” Pernyataan ini mencerminkan tekad kuat pemerintah Indonesia untuk mendorong kolaborasi yang positif dan produktif di wilayah Indo-Pasifik.

Erick Thohir, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dalam sambutannya menyatakan, “Forum ini yang merupakan landasan keketuaan ASEAN pada tahun 2023 berfungsi sebagai dialog antara publik, BUMN, dan swasta untuk menghubungkan ASEAN dan Indo-Pasifik.”

BUMN berkomitmen untuk terus mendukung upaya pemerintah dalam mempromosikan kerja sama yang inklusif, pembangunan infrastruktur hijau, transformasi digital, dan pembiayaan yang berkelanjutan. Semua ini merupakan langkah-langkah menuju masa depan yang lebih baik bagi kawasan ASEAN dan Indo-Pasifik.

#BUMNUntukASEAN
#ProduksiFilmNegara
#PFN
#GreatAgain

Leave a comment