Perum Produksi Film Negara (PFN) Resmi Berubah Bentuk Jadi Perseroan

Jakarta, Setelah ditandatanganinya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 42 Tahun 2023 tentang Perubahan Bentuk Badan Hukum Perusahaan Umum(Perum) Produksi Film Negara menjadi Perusahaan Perseroan (Persero) oleh Presiden Joko Widodo, akta pendirian PT Produksi Film Negara (Persero) telahresmi ditandatangani pada tanggal 12 Oktober 2023.

 

Perubahan status PFN dari Perusahaan Umum (Perum) menjadi Perusahaan Terbatas (PT) adalah langkah bersejarah yang akan membuka babak barudalam industri perfilman Indonesia. PT Produksi Film Negara (Persero) berkomitmen untuk menjadi pelaku utama dalam mendukung pertumbuhanindustri perfilman Indonesia dengan menjadi Film Financing Company yang berkolaborasi erat dengan Production House (PH), Content Creator, sertaberperan sebagai bagian dari Distribution Channel Syndication untuk film-film Indonesia, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

 

Dalam upaya untuk menjawab perubahan kondisi yang semakin dinamis dan meningkatkan kualitas produksi film, PT PFN (Persero) akan senantiasaberinovasi, mendorong kreativitas, dan meningkatkan standar industri film Indonesia.

 

Dalam kegiatan ini, Dewan Pengawas dan Direksi yang sebelumnya telahmenjabat di Perum PFN ditetapkan sebagai Dewan Komisaris dan Direksi PT PFN (Persero).

 

Berikut adalah jajaran Dewan Komisaris PFN:

1. Fadjar Hutomo –  Komisaris Utama PT PFN (Persero)

2. Rosarita Niken Widiastuti – Komisaris PT PFN (Persero)

 

Sementara itu, Direksi yang baru telah ditetapkan sebagai berikut:

1. Dwi Heriyanto B – Direktur Utama PT PFN (Persero)

2. Sutjiati Eka Tjandrasari – Direktur Produksi PT PFN (Persero) 

 

Proses seremoni akta pendirian ini berlangsung di Gedung Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Republik Indonesia pada hari Kamis, 12 Oktober2023. Acara ini dihadiri oleh perwakilan dari Kementerian BUMN, Kementerian Keuangan serta PT. Danareksa (Persero).

 

Langkah bersejarah ini merupakan tekad PT Produksi Film Negara (Persero) untuk terus berperan dalam memperkuat ekosistem industri film dan kontenIndonesia, serta mengembangkan industri film Indonesia ke tingkat global. 

Leave a comment