Press Release “Seribu Payung Hitam dan Sisanya Rindu”, Film Layar Lebar yang Diangkat Dari Puisi Esai

Jakarta, 21 Agustus 2023 – Produksi Film Negara (PFN) bersama dengan sastrawan Denny JA (Studio Denny JA) dan PT Cerita Jadi Film (CJF) dengan bangga mengumumkan kolaborasi dalam pembuatan film “Seribu Payung Hitam dan Sisanya Rindu”. Proyek film ini menjadi sebuah cerminan nyata dari semangatsinergi dalam memajukan industri perfilman dan konten di Indonesia.

“Seribu Payung Hitam dan Sisanya Rindu” bercerita tentang Sawitri (Luna Maya), seorang aktivis lingkungan yang gigih dalam berjuang melawan privatisasi air di desanya. Dalam perjuangannya, ia terlibat dalam aksi yang menarik perhatian publik dan media internasional. Namun, konspirasi dan ancaman besar menguji tekadnya, termasuk konflik batin yang memecah dilema antara menjadi pahlawan bagi masyarakat dan menjaga kepentingan pribadi.

Dalam kolaborasi ini, Studio Denny JA berperan penting dalam menciptakan sebuah karya yang tak hanya memukau tetapi juga bertujuan mendorong kemajuan industri perfilman dan konten di Indonesia. Selain itu,turut aktif dalam menjalin kerja sama yang erat dalam produksi film dan konten, serta berkomitmen untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. kolaborasi ini diharapkan mampu memberikan kontribusipositif yang signifikan bagi perkembangan industri kreatif Tanah Air.

Denny JA sebagai penggagas puisi esai ini menjelaskan bahwa PFN selaku wakil budaya dari pemerintah RI yang ikut menjadi fasilitator, patut diapresiasi karena menumbuhkan inisiatif para kreator masyarakatmelahirkan film yang menginspirasi. Jika kita memiliki gagasan yang mencerahkan dan ingin gagasan itu menyentuh publik luas, maka sampaikanlah gagasan itu lewat musik dan film,” ujar Denny JA. Bukan tanpadasar, ia merujuk pada data dari PEW Research Center pada tahun 2012 yang menunjukkan bahwa 67 persen social networkers menyukai musik dan film.

Denny JA, seorang ikon sastra Indonesia dan tokoh yang terkenal dengan karya- karyanya yang membangkitkan semangat, mengatakan, “Kolaborasi ini merupakan wujud komitmen kami untuk memberikan karya yang menggugah, menginspirasi, dan mengingatkan kita akan pentingnya nilai-nilai luhur dalam menjaga bumi kita dan ini film layar lebar pertama yang diangkat dari puisi esai” Ia menambahkan, skenario ini adalah gabungan antara isu lingkungan hidup, perjuangan perempuan dankisah cinta.

“Harapan PFN dan para pihak bekerja sama yang saling menguntungkan dan bermanfaat bagi Para Pihak secara khusus dan industri perfilman dan konten pada umumnya dengan ruang lingkup untuk dapat mengeksplorasi, mengkaji, serta bekerja sama dalam bersinergi pemanfaatan potensi bersama,” tutur Dwi Heriyanto B selaku Direktur Utama PFN.

Hal ini juga dikatakan Nevie Vina selaku Direktur Utama Cerita Jadi Film (CJF) bahwa “Kerjasama inibertujuan dalam memajukan industri perfilman dan konten di Indonesia, kolaborasi dalam pembuatan atauproduksi film dan konten, optimalisasi hak kekayaan intelektual, kualitas sumber daya manusia.”

Karya film “Seribu Payung Hitam dan Sisanya Rindu” ini diangkat dan dimodifikasi dari puisi esai karya Denny JA yang berjudul “Kutunggu di Setiap Kamis”. Film ini rencananya akan didistribusikan secara komersial di bioskop-bioskop Indonesia serta dalam kegiatan festival film. Diharapkan dengan terwujudnya film ini dapatmembuka peluang dan menginspirasi insan perfilman Indonesia lainnya untuk mengangkat karya puisi esai kelayar lebar.

Film ini disutradarai oleh Erwin Arnada, dalam penulisan dan pengembangan cerita film ini melibatkanSalman Aristo dan Denny JA. Film ini juga didukung oleh artis ternama yaitu, Luna Maya (sebagai Sawitri), Annisa Hertami (sebagai Lina), aktor yang sudah tidak asing lagi Christian Sugiono (sebagai Radi), WhaniDharmawan (sebagai Prasetyo) dan Musisi band Efek Rumah Kaca. Nantikan kelanjutan “Film Seribu PayungHitam dan Sisanya Rindu” dilayar lebar Indonesia.

Tentang Produksi Film Negara (PFN)

Produksi Film Negara adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang pembiayaan dan pendanaan film dan konten kreatif sebagai production house agregator, content curator, distribution channels syndication.

Informasi lebih lanjut

Telp: 021-8192508, Email: corcomm@pfn.co.id

Website: pfn.co.id | Instagram: @pfn.indonesia | Twitter: @studiopfn

Corporate Secretary : Rori Hastomo (081573121121) | Rori.thumbers@gmail.com CorporateCommunication : Ihsan Chairdiansyah (085312259820) | Ihsan@pfn.co.id

Leave a comment